Mengendalikan emosi dengan cerdas





Mengendalikan Emosi Dengan Cerdas

 Manusia yang hidup di dunia ini tidak lepas dari emosi. Sebab manusia pada dasarnya memiliki emosi yang besemayam dihati. Sebagai mahluk cerdas, manusia harus dapat mengendalikan emosi tersebut. Emosi tidak terkendali akan memberikan keluaran yang merugikan diri sendiri dan orang lain. Berikut beberapa cara mengendalikan emosi dengan cerdas:

Melakukan Meditasi
Meditasi bisa menjadi cara terbaik mengendalikan emosi. Ketika kesabaran tidak dapat dikendalikan maka melakukan meditasi adalah salah satu solusi. Tidak perlu berkunjung ke sunyi dan angker untuk bermeditasi, cukup cari ruangan yang tenang dan terhindar dari bising. Di ruangan tersebut usahakan duduk dan berfokus pada sebuah titik selama 15-30 menit.

Mengalihkan diri dari penyebab emosi
Emosi dapat muncul disebabkan karena sesuatu, karenanya sesuatu yang menjadi penyebab emosi inilah seharusnya dihindari. Sedapat  mungkin jauhkan diri sejenak dari permasalah yang menyebabkan emosi tersebut. Sebagai pengganti, dapat diganti dengan menenangkan diri dengan istirahat tidur.

Tenang dan berfikir dengan logika
Cukup sulit memang dalam mengendalikan emosi saat mengalami suatu masalah besar dan membuat kita marah. Untuk menyelesaikan masalah tersebut cobalah berfikir secara logka. Caranya cukup mudah, kita dapat menenangkan diri sejenak dan memikirkan keuntungan dan kerugian tindakan yang akan dilakukan. Dari berfikir logika, pilihlah yang paling banyak menguntungkan semua pihak.

Melakukan Introspeksi
Intropeksi memang cukup sulit untuk kita lakukan, terutama bagi yang memiliki derajat dan kedudukan lebih tinggi. Meskipun begitu, kita harus bisa mengintropeksi diri terhadap sebuah permasalahan yang dihadapi. Lihatlah masalah dari sudut pandang yang berbeda. Dengan demikian, kita bisa mengatur dan menentukan keputusan yang bijak mengenai permasalahan tersebut.

Ceritakan masalah kepada orang lain
Curhat juga bisa dijadikan cara mengendalikan emosi. Dengan berbagi masalah kepada teman, dapat melepaskan diri dari masalah dihadapi. Curhat dapat memberikan solusi terhadap permasalahan dari orang didekat kita. Dengan nasehat dari orang didekat kita pikiran yang lebih sehat dan jernih kemungkinan didapatkan.

Selalu berfikir positif
Berfikir positif harus selalu diterapkan dimanapun berada. Sebab dari sikap berfikir positif dapat mengendalikan kesabaran. Menumbuhkan berfikir positif dapat memulainya dengan tidak selalu berprasangka. Pandanglah orang dan lingkungan sekitar dengan perasangka yang positif.