Manfaat Kebugaran Tubuh





Kebugaran Jasmani Bagi Tubuh

Menurut Dr. Gillaspy dari University of Phoenix kebugaran adalah kemampuan seseorang untuk melakukan tugas dengan tidak merasakan kelelahan. Dahulu kebugaran diartikan sebagai kapasitas untuk melaksanakan kegiatan keseharian tanpa adanya unsur kelelahan. Namun sekarang kebugaran jasmani diartikan sebagai ukuran kemampuan tubuh untuk berfungsi secara efisien dan efektif dalam melakukan aktivitas kerja dan istirahat untuk mencapai situasi sehat agar dapat  melawan berbagai macam penyakit dan untuk menghadapi segala macam situasi. Sedangkan manfaat dari kebugaran adalah sebagai berikut.

Menghindari obesitas
Seseorang yang memiliki tubuh yang bugar, dapat melakukan segala macam aktifitas. Aktifitas tersebut membantu tubuh mengolah zatt makanan untuk proses pembakaran energi dalam tubuh. Orang yang kurang beraftifitas dapat mengakibatkan zat makanan serta energi berlebih  menumpuk didalam tubuh dan akan menimbulkan obesitas.

Dengan demikian jelas aktifitas fisik yang proporsional akan membantu mencegah kelebihan berat badan. Hal tersebut dikarenakan aktivitas fisik membantu proses pembakaran kalori dalam tubuh. Semakin banyak beraktivitas, semakin banyak kalori yang akan bakar dan pada gilirannya menghilangkan obesitas.

Menghindari penyakit jantung
Latihan kebugaran jasmani membantu untuk terhindar dari resiko penyakit jantung. Kesegaran jasmani dengan latihan fisik membantu aliran darah dari jantung ke seluruh tubuh. Pada saat latihan kesegaran jasmani otot jantung berkontraksi dengan cepat. Sehingga melatih kinerja otot jantung menjadi lebih baik, dan menghindarkan dari resiko penyakit jantung seperti stroke, maupun gangguan jantung lainnya. Lari pagi dan jalan kaki dapat dilakukan untuk melatih kebugaran.

Terhindar dari resiko diabetes
Kebugaran jasmani membantu menormalkan kadar insulin yang terjadi akibat kegemukan.  atau obesitas. Kebugaran juga dapat menghindarkan dari resiko terkena diabetes tipe-2.

Terhindar dari hipertensi
Kebugaran menghindarkan seseorang dari gangguan hipertensi atau tekanan darah tinggi yang merupakan penyebab penyakit penyakit jantung.

Menurunkan kolesterol
Melakukan aktivitas kebugaran jasmani seperti lari dan jalan kaki dapat membantu untuk menurunkan tingkat kolesterol jahat dan menaikkan kolesterol baik.

Terhindar dari resiko kanker
Kebugaran jasmani juga menghindarkan dari resiko penyakit kanker dengan prosentase mencapai 30% seperti kanker payudara, kanker sumsum tulang, kanker paru-paru, kanker usus besar.

Terhindar dari penyakit tulang keropos
Kebugaran jasmani membantu menjaga tulang tetap sehat dan kuat, sehingga menghindari dari resiko osteoporosis atau tulang keropos. Aktivitas fisik akan membantu menghasilkan otot dan tulang yang kuat.

Meningkatkan percaya diri
Kebugaran dengan aktivitas fisik membantu merangsang berbagai bahan kimia dalam otak yang dapat membuat seseorang merasa lebih bahagia, lebih santai dan percaya diri.

Meningkatkan energy
Aktivitas fisik secara teratur dapat meningkatkan kekuatan otot dan daya tahan tubuh. Melakukan latihan dan aktivitas fisik membantu mensuplai oksigen dan nutrisi ke seluruh jaringan tubuh, sehingga membuat fungsi sistem kardiovaskular efisien. Ketika jantung dan paru-paru dapat bekerja efisien, tubuh akan memiliki lebih banyak energi untuk melakukan aktivitas.

Mencegah insomnia
Kebugaran jasmani didapat melalui aktivitas fisik secara teratur membantu seseorang untuk tertidur lebih cepat dan lebih pulas yang akan menurunkan resiko terjadinya gangguan insomnia.

Meningkatkan gairah seksual
Latihan fisik untuk kebugaran secara teratur membuat tubuh lebih berenergi untuk melakukan kegiatan apapun. Hal ini berefek positif pada kehidupan seks seseorang. Fisik yang bugar  menyebabkan peningkatan gairah seksual untuk perempuan. Pria yang melakukan aktivitas fisik seperti berolahraga secara teratur cenderung tidak memiliki masalah dengan disfungsi ereksi.

Meningkatkan kecerdasan otak
Kebugaran jasmani juga memberikan dampak bagi jaringan otak seseorang. Dengan melakukan latihan fisik membantu sirkulasi darah ke otak yang akan meningkatkan kecerdasan serta menurunkan resiko penyakit alzheimer.

Mencegah penuaan dini
Kebugaran jasmani mencegah penuaan dini. Aktivitas fisik teratur akan meningkatkan metabolisme dalam tubuh yang dapat menunda proses penuaan serta meningkatkan gairah hidup.

Mengatasi depresi
Aktivitas fisik berpengaruh pada peningkatan suasana hati, hal ini disebabkan meningkatnya aliran darah ke otak, endorfin dilepaskan dan suasana hati akan meningkat. Endorfin  membantu seseorang untuk melawan stress dan depresi.

Terhindar dari kelelahan
Kebugaran fisik juga dapat menurunkan tingkat kelelahan setelah melakukan aktivitas berat, serta memperpendek waktu pemulihan energi.

Meningkatkan kesehatan tubuh
Kebugaran jasmani dapat memberikan kesehatan fisik, meningkatkan kesejahteraan tubuh dan stabilitas mental serta meningkatkan kesehatan secara keseluruhan.